Selasa, 19 Januari 2010

Keindahan Sumatra Dipamerkan Mahasiswa Ceko Selasa, 12 January 2010 01:59 WIB

Jakarta, (tvOne)
Para alumni penerima Beasiswa Darmasiswa dari Ceko mempromosikan keindahan pulau Sumatra melalui pameran foto yang diselenggarakan di Galeri Samson di kota Rakovnik, Ceko. Pameran foto tersebut berlangsung 9 Januari 2010 – 6 Februari 2010.
Keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha seperti dilansir VIVAnews mengungkapkan, bahwa foto-foto yang menceritakan kehidupan di Sumatra tersebut hasil karya Jana Cermakova, Jana Klapova, Jan Kautecky. Mereka mengabadikan gambar-gambar itu selama belajar di Universitas Andalas, Padang, periode 2008-2009.

Pameran tersebut dibuka oleh Azis Nurwahyudi, Councellor Penerangan Sosial Budaya dan Pariwisata KBRI Praha, Sabtu (9/1). Dalam kesempatan tersebut, disampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni Darmasiswa yang turut aktif mempromosikan Indonesia di berbagai kota di Ceko.

KBRI Praha selalu mendorong setiap kegiatan yang dilakukan oleh alumni Darmasiswa, karena kegiatan seperti ini akan semakin mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Ceko. Azis juga mempromosikan Beasiswa Darmasiswa yang saat ini masih dibuka pendaftarannya, sekaligus membagikan formulir untuk melamar beasiswa tersebut.

Jana Cermakova yang memotori  pameran mengatakan, bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatra dimana mereka dulu belajar Bahasa Indonesia di Padang. Mereka turut prihatin dengan musibah yang baru-baru ini menimpa teman-teman mereka di kota itu. Maka, hasil penjualan foto sepenuhnya akan disumbangkan ke Padang melalui Yayasan Andalas yang mereka dirikan di Rakovnik.

Foto yang dipamerkan dibagi dalam beberapa bagian, seperti kehidupan masyarakat di Padang, keindahan alam di Sumatra Barat dan foto-foto kegiatan budaya di daerah itu. Untuk melengkapi pameran, selain foto juga dipamerkan batik karya Jack Simanjuntak. Para pengunjung yang sore itu memadati Galeri Samson tampak tertarik dengan foto-foto yang mereka nilai eksotik tersebut. Mereka membaca setiap keterangan yang menyertai gambar dengan seksama.

Mereka juga bertanya kepada ketiga siswa tersebut tentang pengalaman mereka selama di Indonesia, yang dijawab oleh Jana Klapova sangat mengesankan. Bahkan dirinya mengatakan, ingin kembali berkunjung ke Padang. Mereka juga memamerkan kemampuan berbahasa Indonesia kepada pengunjung yang hadir pada pembukaan pamera sore itu.
Untuk lebih mendekatkan masyarakat kota Rakovnik dengan Indonesia, ditampilkan juga tari Rantak dan Bajidor Kahot oleh Sanggar Tari Sekar Melati, binaan KBRI Praha dan disuguhkan aneka makanan kecil khas Indonesia.

Tidak ada komentar: